Beginilah Etika Pengajuan Surat Pengunduran Diri Secara Profesional

0

Selamat datang di IDNOffice.my.id, Situs yang menyediakan berbagai macam tutorial, tips dan trik microsoft Office serta keperluan file kantor anda terlengkap di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh berbagai macam Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan dll dengan berbagai macam format sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah Beginilah Etika Pengajuan Surat Pengunduran Diri Secara Profesional - Jangan pernah melakukan pengajuan surat pengunduran diri mendadak kecuali disebabkan oleh hal-hal yang sifatnya tidak bisa diantisipasi seperti keseha.
Download Kumpulan Contoh Surat Template DOC, PPT, PDF AI, CDR, EPS, SVG, PNG, atau JPEG di IDNOffice.my.id. Download Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, serta semua keperluan kantor anda secara gratis all format. Download logo vector format lengkap.

 Untuk mengajukan surat pengunduran diri tentu harus memerhatikan banyak hal karena kita pun harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku di perusahaan. Hal ini perlu diperhatikan untuk mencegah adanya konflik dan catatan negatif saat kita keluar dari perusahaan.



Alasan Pengunduran Diri

Saat membuat surat pengunduran diri tentu kita mempunyai alasan masing-masing yang melatar belakangi kita. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab seseorang mengajukan surat pengunduran diri:

Tidak Ada kenaikan Gaji
Apabila sudah mengabdi bertahun-tahun terhadap perusahaan namun tidak kunjung juga mendapatkan promosi untuk naik jabatan padahal sudah bekerja secara optimal tentu membuat orang menjadi kesal dan memutuskan untuk mencari tempat baru yang sekiranya dapat mengapresiasi hasil kerjanya. Kenaikan jabatan dalam karir itu sangat penting karena secara tidak langsung sangat berpengaruh terhadap besarnya gaji setiap bulan dan tunjangan apa saja yang bisa didapatkan.

Muncul Titik Jenuh
Bertahun-tahun bekerja di perusahaan dan bidang yang sama tentunya cepat lambat akan membuat orang tersebut merasakan jenuh. Orang tersebut merasakan jenuh kebanyakan karena merasa bahwa pekerjaannya bukan lagi sebuah tantangan melainkan sebuah rutinitas. Oleh karena itu, banyak yang memutuskan untuk resign karena bekerja dengan kondisi seperti ini akan membuat hasil kerja kita tidak optimal.

Lingkungan Kerja
Lingkungan pekerjaan sangat berpengaruh terhadap hasil apa yang kita kerjakan. Apabila kita bekerja dalam lingkungan yang penuh tekanan tentu akan membuat kita lebih cepat stress dan membuat kita tidak merasa nyaman. Banyak orang yang memutuskan untuk resign kebanyakan karena memiliki atasan yang seharusnya membuat suasana kantor menjadi nyaman namun penuh tekanan.

Gaji yang minim
Gaji sangat vital dalam dunia pekerjaan karena selayaknya seorang pekerja harus menerima gaji yang sesuai dengan skill dan apa yang menjadi pekerjaannya. Apabila anda terjebak dalam situasi dimana job desc yang diberikan sangat banyak namun gaji anda kecil, sebaiknya segera mencari tempat baru yang dapat memberikan penawaran gaji yang lebih besar untuk anda.

Cara Mengundurkan Diri dari Perusahaan Secara Professional 

Untuk mengundurkan diri selain membuat surat pengunduran dengan baik yang nantinya akan kalian ajukan ke bagian HRD  ada banyak hal yang harus diperhatikan agar saat anda mengundurkan diri tetap terlihat sebagai seorang yang professional di dunia kerja. Berikut ini ulasannya:

Pengajuan Surat Pengunduran Diri Jangan Mendadak
Jangan pernah melakukan pengajuan surat pengunduran diri mendadak kecuali disebabkan oleh hal-hal yang sifatnya tidak bisa diantisipasi seperti kesehatan misalnya. Baiknya surat pengajuan diri diberikan tiga atau 4 minggu sebelum tanggal keluar dari perusahaan. Rentang waktu yang cukup lama ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencari pengganti karyawan yang nantinya akan resign.

Exit Interview
Exit interview kini sudah banyak dilakukan perusahaan setelah karyawan mengajukan pengunduran diri. Umumnya HRD perusahaan akan menanyakan secara langsung mengapa kita memutuskan untuk keluar dari perusahaan. Jawablah dengan bijak dan professional dan hindari menjawab pertanyaan dengan meremehkan perusahaan misalnya.

Tidak Menggunakan Bahasa yang Tidak Bertele-Tele
Jangan gunakan bahasa yang bertele-tele dalam membuat surat pengajuan diri. Cukup gunakan seperlunya dan jangan lupa untuk menyebutkan secara singkat hak-hak anda yang ada dalam surat kontrak.

Memberikan Kesan Baik Terhadap Perusahaan
Walaupun surat pengajuan diri anda telah disetujui dalam rentang waktu yang tersisa di perusahaan tetap berikanlah kesan yang baik seperti tetap bekerja secara maksimal dan apabila mempunyai rekomendasi pengganti anda, tidak ada salahnya untuk memberikan informasi kepada bagian HRD.


Komunikasikan dengan Atasan Unit Terkait
Sebelum mengajukan surat pengunduran diri kepada bagian HRD di kantor hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan komunikasi dengan atasan. Beritahu alasan yang membuat diri anda ingin keluar dari perusahaan tersebut dan pastikan atasan anda adalah orang pertama di perusahaan yang mengetahui. Hal ini penting untuk tetap menjaga hubungan baik antara anda dengan atasan anda saat sudah keluar dari perusahaan,

Kontrol Cara Bicara
Kontrol bicara anda saat sedang bekerja dalam perusahaan sekalipun dalam waktu dekat anda akan resign. Jangan pernah menjelek-jelekkan perusahaan ataupun atasan karena ini tidak akan membawa untung sama sekali dan hanya membuat sakit hati banyak pihak.

Ingat, anda harus sopan dalam mengajukan pengunduran diri, suatu saat bukan tidak mungkin anda akan membutuhkan koneksi pada perusahaan lama anda. Pengunduran diri secara baik baik sangat di anjurkan untuk anda.

Bagian-Bagian Isi Surat Pengunduran Diri

Untuk membuat surat pengunduran diri kita tidak boleh asal-asalan karena surat pengunduran diri itu sendiri sifatnya formal dan harus terlihat professional di mata perusahaan agar saat kita keluar tetap memiliki catatan yang bersifat positif. Berikut bagian-bagian isi surat yang harus diperhatikan secara teliti:

Pendahuluan.
Bagian pendahuluan dalam surat pengunduran diri kerja memuat maksud dan tujuan mengirim surat.

Isi Surat. 
agian isi di dalam surat pengunduran diri umumnya diisi dengan menjelaskan mengapa kita memutuskan untuk keluar dari perusahaan. Jelaskan secara singkat namun cukup detail apakah kepindahan itu karena ada tawaran kerja di perusahaan lain yang lebih baik, alasan kesehatan seperti sakit, atau pindah tempat tinggal misalnya. Walaupun kita berhak untuk menjelaskan mengapa kita memutuskan keluar dari perusahaan sebaiknya tetap bersikap bijak dengan tidak menjelek-jelekkan kualitas perusahaan, staff, ataupun atasan di lingkungan kerja. Cukup membuat alasan yang jelas dan bisa dimengerti oleh pihak perusahaan.

Penutup.
Penutup di surat pengunduran diri bisa kita isi dengan kesan pesan positif selama kita bekerja di perusahaan. Selain itu perlu juga untuk mengucapkan rasa terima kasih atas kesempatan dan pelajaran yang kita dapat saat masih bekerja di perusahaan dan meminta maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan saat kita masih bekerja.
 

 

Bingung cara mengunduh? Baca tata Cara Unduh Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, logo dll di situs ini. Gunakan fitur pencarian atau gunakan Sitemap untuk mempermudah pencarian logo, poster, banner, spanduk, id card, kartu nama, twibbon, dll di situs ini.
Not sure how to download? Read system How to Download Examples of Business Letters, Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, Agreement Letters, Statement Letters, Official Letters, Invitation Letters, Invitation Templates, design templates, logos etc. on this site. Use the search tool or use Sitemap to make finding Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, etc. on this site.
Lihat Ketentuan Layanan sebelum Anda mengunduh contoh surat, Anda dianggap setuju dengan ketentuan tersebut setalah mengunduh contoh surat di situs ini. Jika ada kesalahan tautan unduhan, mohon laporkan ke admin melalui halaman Formulir Kontak agar dapat segera diperbaiki.
See Terms of Service before you download the logo, you are deemed to agree with these terms after downloading the Official Letters on this site. If there is an error in the download link, please report it to the admin via the Contact Form page so that it can be fixed immediately.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top